Meningkatkan Sumber Daya Manusia Sdm Melalu Pelatihan Bengkel Sepeda Motor

Suami dari Siti Aisyah ini mengaku bersyukur, dalam menata usahanya ada PTPN VII yang memberi pinjaman lunak (Program Pendanaan UMK d/h Program Kemitraan) untuk mengembangkan usahanya. Dalam kesulitan permodalan, PTPN VII membantu memberikan pinjaman kemitraan. BANDARLAMPUNG—Dua minibus dan satu sedan terparkir di bawah bengkel terbuka beratap seng di bilangan Jalan Soekarno-Hatta, Bandarlampung beberapa waktu lalu.

Lulus dari jurusan itu, Indra kemudian mengembangkan dan melanjutkan di jalur serupa dan melanjutkan program S2 quick monitor jurusan Bioteknologi di ITB. Ia berfokus di bidang microbial enhanced oil recovery untuk meneliti peningkatan perolehan minyak dengan mikroba, yang merupakan proyek kerja sama antara tim MEOR ITB dengan Pertamina. SIM atau Surat Izin Mengemudi kode C merupakan salah satu dokumen yang wajib dimiliki setiap pengendara sepeda motor. Untuk bisa mendapatkan SIM C ini, pastikan Anda sudah bisa mengendarai sepeda motor dan sudah memasuki usia 17 tahun.

Nah itu dia dua contoh pinjaman dana untuk bisnis otomotif yang bisa kamu pilih. Tapi jika itu harus dilakukan maka pilihlah pinjaman dengan bunga ringan. Meminjam pada fintech sebaiknya dihindari karena umumnya pinjaman dari fintech tenornya singkat meski dana pinjamannya bisa sangat besar. Jadi selalu pikirkan dengan benar dan matang saat harus mengambil pinjaman untuk usaha kamu. Bayangkan saja saat ini ada jutaan mobil, truk, bus, dan kendaraan lain di jalan.

Misalnya membuat layanan antar jemput kendaraan atau servis di tempat. Layanan ini memungkinkan menarik lebih banyak pelanggan yang membutuhkan servis lebih cepat dibanding harus mendatangi bengkel Anda. Ini bisa dimanfaatkan untuk Anda yang ingin membuka bisnis bengkel hp.

Cara mengembangkan bisnis bengkel

Di samping itu, membuka usaha sparepart dan onderdil motor ini juga kerap menjadi tren masa kini yang semakin populer karena meningkatnya permintaan pasar. Imbauan untuk tinggal #DiRumahAja mulai dari bekerja, bersekolah hingga beribadah, sedikit banyak telah mempengaruhi roda bisnis. Tidak sedikit pelaku usaha yang kelimpungan menghadapi krisis ini. Bila Anda memiliki bisnis, memastikan supaya usaha terus berjalan lancar di tengah pandemi adalah PR besar. TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pengusaha bengkel modifikasi motor klasik Acas Agus Sukamto mengaku kesulitan menjalankan usahanya selama ini.

Bengkel kamu bisa semakin dilirik orang dengan memiliki akun di media sosial seperti Instagram. Sedikit trik, pajang foto-foto dan testimoni positif dari pelanggan. Dengan punya konsep dan segmentasi pasar yang jelas, kamu akan mudah dikenal pelanggan. Untuk menentukan konsep ini, bicarakan dengan mekanik kamu karena konsep ini juga membutuhkan keahlian mekanik. Jika sudah ada bengkel motor umum yang sudah berdiri dalam jangka waktu lama di wilayah tersebut, pikir dua kali untuk mendirikan usaha yang sama.