Bisnis Keluarga Di Asia Pasifik, Termasuk Indonesia, Adalah Yang Paling Ambisius

Pelakunya adalah orang-orang yang dekat dengan kakek saya dan sudah saya anggap Om. Yang kedua, menjaga bisnis keluarga juga tidak harus terjebak dalam emosional dan romantisme masa lalu. Tidak semua warisan itu bersifat keramat atau tidak bisa diubah.

Mengapa bisnis keluarga susah untuk maju

Orang bisnis paham akan cara mereka berkomunikasi dan menjalin hubungan, mereka pasti paham Anda bukanlah ayah atau kakek anda, Anda ya anda. Memang ini tidak akan bertahan selamanya tapi orang-orang yang anda tinggalkan dapat meningkatkan pertumbuhan anda. Jangan menahan diri anda hanya demi terus berkoneksi dengan seseorang dalam lingkungan anda yang tidak benar-benar mencintai diri mereka sendiri. Ini adalah kehidupan anda dan ini adalah bisnis serta kesempatan untuk menciptakan kebebasan.

Abdul Latief menyesalkan berdirinya beberapa pusat pertokoan modern di Jakarta, yang jelas-jelas mematikan pengusaha kecil dan tradisional. Industri kecil itu sepertinya tidak mendapat tempat untuk hidup, sebab ia memang tidak mempunyai kemampuan bersaing dengan pengusaha modal besar. Gejalanya, memang pengusaha sekelas raksasa masuk ke pasar tradisional. Mestinya pemerintah mencegah para pemodal kuat itu untuk tidak sembarangan masuk ke pasar yang pangsa pasarnya merupakan lahan pengusaha kecil. Ketika salah satu pasar swalayan terbesar di dunia dari Jepang, yaitu SOGO, membuka cabangnya di Indonesia, Abdul Latief termasuk salah seorang yang bersuara keras menentang kehadirannya.

Konsumen bilang bahwa di bidang jasa tersebut jarang perusahaan yang punya web site. Salah satu kunci keberhasilan merintis usaha baru adalah dukungan tim yang kuat karena tidak mungkin semua hal kita kerjakan sendiri, perlu ada tim dengan SDM yang strong. Dengan memulai usaha sendiri, Anda menjadi bos sendiri yang tidak terbatasi ide oleh orang – orang lain. Mungkin ini pertanyaan yang banyak ditanyakan orang ketika ingin memulai usaha. Dan reaksi keluarga ikut menentukan terus tidaknya usaha tersebut. Makanya, hadir di seminar, mendengarkan talkshow di radio atau membaca di tabloid mengenai berbagai sharing kisah sukses adalah hal yang sebaiknya rutin dilakukan.

Dengan pengetahuan yang kita miliki tentang nutrisi dan olah raga, anda mungkin berpikir ini bukanlah masalahnya. Meskipun kita semua tahu dalam kenyataan, kebanyakan orang membutuhkan seseorang di hidup mereka untuk membantu mereka melaksanakan gaya hidup yang sehat. Ini berlaku juga dengan apa yang anda lakukan di bisnis anda.